Latihan Koordinasi Mata - Tangan

3 Feb 2011

koordinasi pada prinsipnya merupakan pengaturan syaraf-syaraf pusat dan ditepi secara harominis dalam menggabungkan otot synergis dan antagonis secara selaras. Koordinasi pada unumnya sering dilakukan pada gerakan-gerakan ketrampilan pada salah satu cabang olahraga. Hal ini karena gerakan ketrampilan selalu melibatkan beberapa unsure gerakan kemudian dirangkai menjadi satu pola gerakan tertentu. Berikut ini disajikan beberapa batasan koordinasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli sebagai berikut :

  1. Menurut harsono (1988: 221) koordinasi adalah “kemampuan untuk mengkombinasikan beberapa gerakan tanpa ketegangan, dengan urut yang benar, dan melakukan gerakan yang kompleks secara mulus tanpa pengeluaran energy yang berlebihan”.
  2. Menurut suharno HP(1993: 61) koordinasi adalah “kemampuan atlet untuk merangakai beberapa gerakan menjadi satu gerakan yang utuh dan selaras”.
  3. Menurut M. sajoto (1995: 9) koordinasi adalah “kemampuan seseorang mengitegrasikan bermacam-macam gerakan yang berada dalam pola gerakan tungal secara efektif”.

Berdasarkan batasan-batasan koordinasi diatas dapat disimpulkan bahwa, koordinasi mata-tangan merupakan kemampuaan seseorang untuk merangakai kan antara gerakan mata saat menerima rangsang dengan tangan menjadi satu pada pola gerakan tertentu sehingga menghasilkan gerakan yang terkoordinasi, efektif, mulus dan efisien. Dalam hal ini Sadoso sumosardjuno (1994: 125) “koordinasi mata-tangan adalah suatu integrasi antara mata sebagai pemegang kunci utama, dan tangan sebagai pemegang fungsiyang melakukan gerakan.
Kemampuan koordinasi merupakan salah satu kemampuan fisik yang berpengaruh terhadap pencarian prestasi dalam prtmainan teni s meja. Seluruh gerakan-gerakan dalam permainan tenis meja. Hampir seluruh geraka-gerakan dalam permainan tenis meja melakukan kemampuan koordinasi.kemampuan koordinasi sangat dibutuhkan dalam permainan tenis meja terutama adalah koordinasi mata dan tangan. Sebab gerakan-gerakan teknik sebagian besar menggunakan kecermatan pandangan (mata) dan keakuratan gerakan tangan.
Share this article on :

4 comments:

Tomo said...

wah mak nyus ini maz

kisah abu nawas said...

salam persahabatan

Lozz Akbar said...

wow.. ini blog khusus olahraga ya... enggak ada topik tentang senam jari

alkatro said...

koordinasi mata dan tangan yang bagus bisa jadi gerak reflek juga ya? mkaasih infonya kawan :)

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.