Tenis Meja | Table Tennis

3 Feb 2011

Permainan tenis meja termasuk olahraga modern, populer dan sangat pesat perkembangannya, hal ini disebabkan tenis meja bukanlah olahraga yang rumit, dapat dimainkan didalam rumah dengan peralatan yang sederhana dan tidak banyak memerlukan tempat ataupun ruangan yang luas.
"Olahraga tenis meja merupakan suatu olahraga permainan yang cepat dan tepatsehingga seseorang yang bermain memerlukan kemampuan-kemampuan tertentu atau seorang akan terbawa kepada tingkat kemampuan yang dimiliki. Hal ini akan terlihat pada saat melakukan latihan secara kontinu sehingga seseorang atau atlet akan mengalami peningkatan kemampuan ketrampilannya".(Hanik L, 2004 : 4)
Bermain tenis meja berarti melakukan kegiatan permainan yang dilakukan dua atau lebih dengan menggunakan peralatan tertentu. Dan untuk menjadi seoran pemain yang baik latihan sejak usia dini merupakan usia dimana seorang anak lebih mudah terbentuk dalam hal keterampilannya.
Bila dikaitkan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, usia untuk mulai berlatih olah raga bias dimulai sejak umur 6tahun, dan terutama pada akhir masa kanak-kanak yaiti umur 12 tahun (6-12tahun), karena pada masa ini merupakan masa perkembangan ketrampilan gerak dasar.(M Furqan H,2002:3). Selanjutnya disebutkan pula “…..dalam tahap pemassalan yang mengacu pada pembinaan prestasi yang didasarkan pada teori piramida, umur 6-12 tahun adalah umur pemula, dimana pada usia anak tersebut sangat baik untuk memulai berolahraga”. (M Furqan H, 2002: 5).

Macek dalam yusuf hadisasmita dan aip syafrifuddin ( 1996: 94) menyebutkan umur optimal (umur tinggi) untuk memulai latihan dalam cabang olahraga tenis meja umur 8 tahun. Sedangkan menurut Fallak H dalam yusuf hadisasmita dan aip syafrifuddin (1996: 94), merinci batas umur dan perbedaan tahap latihan dalam multi tahunan bagi atlet muda untuk olahraga yang memerlukan koordinasi (seperti tenis meja) dan kemam[uan gabungan menyebutkan, tahap latihan persiapan adalah umur 8-12 tahun.

Dalam pertandingan-pertandingan resmi permainan tenis meja sendiri kelompok umur ynag selalu dipertandinagkan adalah umur 7-12 tahun untuk kategori pemula, umur 13-15 tahun untuk kategori kadet, umur 16-17 tahun untuk kategori yunior dan umur 18 tahun keatas untuk senior serta 45 tahun keatas untuk kategori veteran putra.
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.