Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Melakukan Dribbling

3 Mar 2011

Setelah kemarin posting artikel tentang Pengertian Dan Cara Dribbling Bola Basket ,kali ini MARI BERKAWAND melanjukan postingan dengan judul Kesalahan yang Sering terjadi Saat Melakukan Dribbling

Dribbling bola basket merupakan bentuk keterampilan yang memiliki gerakan cukup kompleks. Bagi siswa sekolah kemungkinan besar akan senang terjadi kesalahan pada saat men-dribble bola. Wissel Hal (2000: 97) menyatakan bahwa, secara umum kesalahan dalam melakukan dribble bola basket yaitu:
  1. Melihat bola ketika mendribble.
  2. Tidak melindungi bola ketika men-dribble atau men-dribble terlalu tinggi dan jauh dari tubuh.
  3. Kesulitan mengontrol bola.
  4. Tidak mempunyai kekuatan cukup dalam mendribble.
Bagi siswa sekolah kesalahan-kesalahan seperti tersebut di atas terkadang tidak disadarinya, sehingga akan sulit memperoleh keterampilan dribble yang baik. Bagi seorang guru, kesalahan yang dilakukan siswa harus segera dibetulkan agar tidak terjadi pola gerakan keterampilan yang salah. Untuk memperoleh kemampuan dribble yang baik; maka kesalahan-kesalahan seperti di atas harus dihindari. Lebih lanjut Wissel Hal (2000: 97) memberikan saran perbaikan terhadap kesalahan pada saat melakukan dribble sebagai berikut:
  1. Angkat kepala anda, lihat ring.
  2. Lindungi bola dengan mengangkat tangan yang tidak mendribble dan tubuh antara bola dan lawan. Dribble bola sekitar lutut dan dekat dengan tubuh.
  3. Gunakan ujung jari untuk mengontrol bola.
  4. Bengkkokan pergelangan tangan dan jari dengan sempurna daripada memaksa tangan anda.
Saran atau cara untuk memperbaiki kesalahan saat melakukan dribble sangat panting untuk diperhatikan Seminimal mungkin kesalahan harus dihindari. Dribble yang salah akan memudahkan lawan untuk merebut bola. Untuk memperoleh kualitas dribble yang baik, maka gerakannya dimulai dan lengan bawah, telapak tangan dan ujung jari secara berkesinambungan, serta akhir gerakan yaitu lecutan ujung jari secara teratur. Pada waktu bola memantul ke atas, sebaiknya bola jangan langsung dipantulkan kembali, namun hendaknya diikuti dahulu ke atas sambil mengerem atau meredam bola.


SALAM BERKAWAND
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.