Kritik Larangan Cadar, Wanita Prancis Demo Kenakan Cadar dan Celana Mini

10 Mar 2011

Dua wanita Prancis membuat film tentang diri mereka sendiri yang sedang berjalan di jalan-jalan di kota Paris. Namun mereka tak sekadar berjalan santai sambil membuang waktu. Mereka ingin mengungkapkan penolakannya terhadap UU yang melarang digunakannya pakaian konservatif keagamaan seperti larangan mengenakan cadar.
Dua Wanita Prancis menentang larangan pemakaian cadar
Lihat saja gambar kedua wanita itu. Mereka berjalan dengan mengenakan jilbab dan cadar hitam. Namun karena mereka bermaksud memprotes larangan yang baru disahkan itu, keduanya dengan kontroversial mengenakan celana mini sehingga memperlihatkan kaki panjang mereka.

Dalam tulisan yang dimuat situs Rue 89, ilmu politik dan komunikasi, kedua wanita yang ternyata masih pelajar itu sengaja mengenakan pakaian nyleneh itu untuk mengritik sambil bercanda, UU yang melarang pemakaian cadar bagi Muslimah. ''Kita bertanya pada diri sendiri, bagaimana pemerintah bereaksi ketika berhadapan dengan wanita yang mengenakan cadar atau burka dan celana mini?'' tanyanya.

Salah seorang wanita itu ternyata Muslim. ''Kami tak bermaksud menyerang atau melecehkan citra kaum Muslim, tapi hanya mempertanyakan sikap politikus yang mensahkan larangan ini karena kami yakin ini jelas tidak sesuai dengan konstitusi,'' tulis mereka.

Parlemen Prancis telah mensahkan UU yang melarang pemakaian cadar atau burka di tempat umum. Setelah berlakunya UU ini maka setiap wanita yang melanggarnya akan dikenakan denda 150 euro atau diwaajibkan mengikuti kursus kewarganegaraan. Sementara pria yang memaksa wanita mengenakan cadar akan didenda 30 ribu euro dan dipenjara selama setahun.
sumber:republika.co.id
Share this article on :

3 comments:

Anonymous said...

muka cantik2 kog ditutupin,setau ane jilbab itu pakaian wajib wanita katolik klo keluar rumah/lg berduka karna film2 70-80an zaman walisongo yg pasti libatin ulame kite sbg advisor saje ga ade wanita kite yg berjilbab kecuali yg lg sholat/ngaji/ade yg wafat n P'Harto ga bakal berkuasa 32 taon klo jilbab itu pakean wajib umat kite fenomena jilbab dikite baru ade sejak revolusi Iran 1978/79

Anonymous said...

pake cadar=nyembunyiin wajah n =nyembunyiin teroris karena istri2 teroris ditanah air tercinta ini semuanya bercadar padahal Nabi kita ngajarin agama kita dgn welas asih n kagak memaksa klo kagak ga bakal lg ada umat Yahudi yg negeri jajahan Beliau karena pasti dipaksa masuk Islam

Anonymous said...

Wajah memang tidak wajib ditutupi karena bukan aurat seperti halnya telapak tangan. Tapi mari sejenak kita berpikir dengan logika, jika kaki bagian paling rendah dalam tubuh saja adalah aurat yang tidak boleh ditampakkan. Apa ada yang salah jika menggunakan cadar karena wajah itu lebih berpotensi mengundang syahwat dibandingkan kaki?
Cadar atau atribut-atribut keislaman lainnya tidak ada kaitannya dengan terorisme,

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.