Latihan Lompat Jauh Dengan Alat Bantu Meraih Sasaran Di Atas

6 Mar 2011

Pelaksanaan latihan lompat jauh dengan meraih sasaran di atas yaitu agar siswa melakukan teknik lompatan dengan benar dan jauhnya lompatan bisa lebih jauh lagi, diupayakan agar siswa dapat meraih sasaran di atas yaitu bola yang digantung dengan tali yang dipasang di atas bak pasir dengan jarak secara bertahap yaitu dari balok tumpuan sekitar 2 meter, 2,5 meter, dan terakhir 3 meter dan dengan ketinggian bola ± 2,5 meter di atas bak pasir. Model latihan ini seperti model modifikasi oleh Gunter Bernhard (1993: 86). Model latihan sebagai berikut:
Latihan lompat jauh dengan meraih sasaran di atas
Dalam latihan ini siswa diberikan materi teknik lompat jauh dan diberikan latihan secara berulang-ulang. Urutan-urutan materi latihan yang diberikan adalah sebagai berikut:

  • (a) Gambaran materi gerakan lompat jauh secara keseluruhan.
  • (b) Teknik tumpuan.
  • (c) Teknik awalan.
  • (d) Teknik awalan dan menumpu.
  • (e) Teknik melayang di udara.
  • (f) Teknik awalan, menumpu, melayang di udara dan mendarat.
  • (g) Malatih lompat jauh gaya jongkok secara keseluruhan.

Alat bantu berupa bola yang dipasang di atas guna untuk meraih sasaran di atas, bertujuan untuk memberikan motivasi dan alat bantu untuk kepada siswa untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya. Metode latihan dengan alat bantu bola yang dipasang di atas guna untuk meraih sasaran di atas adalah merupakan suatu target lompatan yang berprinsip pada “penetapan tujuan (goal setting)” (Yusuf Hadisasmita & Aip Syarifudin, 1996:139). Latihan lompat jauh dengan penetapan target tertentu di dalam lapangan, dapat memberikan dampak yang positif bagi pelompat. Menurut Yusuf Hadisasmita & Aip Syarifudin, (1996:139), menyatakan bahwa: 
  1. Sasaran merupakan sumber motivasi dan sumber untuk kegiatan serta dapat membangkitkan kegairahan untuk berlatih.
  2. Berlatih dengan tujuan tertentu dapat menambah konsentrasi, usaha, motivasi dan semangat berlatih.
  3. Atlet secara mental terikat (commited) dan merasa wajib untuk mencapai sasaran itu.
  4. Kalau sasaran berhasil dicapai, atlet akan memperoleh suatu k ebanggaan tersendiri sehingga sukses tersebut akan mendorongnya untuk mencapai sasaran yang lebih tinggi.
Latihan lompat jauh dengan meraih sasaran di atas memberikan tantangan kepada siswa untuk melakukan lompatan jauh dengan jarak yang lebih jauh lagi. Hal ini dapat mendorong siswa untuk saling berkompetisi. Dengan latihan lompat jauh dengan meraih sasaran di atas siswa akan berlomba untuk meraih sasaran tersebut sehingga latihan ini dapat meningkatkan semagat siswa untuk mencapai prestasi lompatan yang lebih jauh lagi. Dengan alat bantu ini maka akan memacu siswa untuk melompat dengan sekuat-kuatnya dan meraih sasaran di atas sehingga dapat mencapai target lompatan sejauh mungkin.
Share this article on :

2 comments:

Anonymous said...

kak...
ijin minta gambar untuk fb boleh kan???

anggar berkawand said...

silahkan ambil kawand..

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.