Mendengar Itu Sulit, Tapi Luar Biasa Kawan

25 Mar 2011

Pengalaman luar biasa yang pernah kalian dapatkan mungkin adalah suatu moment yang mungkin membuat kali bangga dan sangat senang padat saat itu juga. tapi jangan lupa moment mendengarkan orang lain berpendapat atau menilai kita itu adalah kesempatan yang sangat luar biasa hebatnya, apa lagi pendapat itu berupa kritikkan dan kita tidak pernah nyadar kalau diri kita itu tidak seperti apa yang kita bayangkan. menurutku itu pengalaman yang luar biasa dan ini mungkin yang pertama kali, dan semoga ada moment-moment seperti ini lagi.

Terkadang, bahkan sering kita tidak pernah terima kalau mendapat kritikkan yang mungkin sangat pedas kepada kita. tapi kalau kalian mencoba unuk berbesar diri dan menerima pendapat itu, kalau akan mendapatkan refleksi yang sangat luar biasa. kalian benar-benar bisa mengetahui seperti apa kalian dimata orang lain, dan selanjutnya diharapkan kalian bisa mengkaji pendapat tersebut untuk melakukan perubahan pada diri anda.

ada kata bijak “sahabat yang baik itu adalah yang berkata benar kepada anda. jadi kalau salah ya dikatakan salah, tapi kalau benar ya sebaliknya”. tapi menurutku itu tidak bisa ditelan mentah begitu saja. yang namanya baik itu, harus benar dan sopan. benar adalah jujur, tetapi kebenaran tanpa kesopanan, orang akan lebih sulit menerima kebenaran. kesopanan tanpa kebenaran itu adalah kebohongan. sahabat yang baik adalah sahabat yang bisa berkata benar pada sahabatnya dengan kesopanan dan bahasa persabatan dan tentunya tidak menyakiti sahabat kita. dan hanyalah berpendapat kalau diminta.

kritikan yang tidak bisa kita terima hanya akan malah merusak diri kita sendiri, tapi mencobalah utuk belajar menerima kritikan tapi dengan cara anda meminta sendiri utntuk dikritik sahabat anda sendiri, dan lama-lama anda akan mudah untuk menysikapi kritikkan-kritikkan kepada anda. selamat menjoba untuk menuju jiwa yang besar.
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.