Pengertian Organisasi

13 Mar 2011

Organisasi mempermudah manusia untuk melakukan kegiatan, karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Organisasi mempunyai dua pengertian, yang pertama organisasi sebagai lembaga atau kelompok fungsional seperti, organisasi perusahaan, rumah sakit, perwakilan pemerintah, dan perkumpulan olahraga, kedua sebagai suatu cara yang mana kegiatan organisasi dialokasikan dan ditugaskan di antara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien.
Berikut ini beberapa batasan pengertian organisasi tersebut:

  1. Organisasi menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (SP: 603) bahwa “Organisasi adalah kesatuan yang terbentuk karena penggabungan dari beberapa orang dan sebagainya dalam suatu perkumpulan yang mempunyai tujuan tertentu”.
  2. Organisasi menurut Usodo, dkk (2002: 38) bahwa “Organisasi adalah sekelompok orang yang tergabung menjadi satu kesatuan secara sadar membentuk struktur sistem kerja sama dengan mendayagunakan sumber potensi tertentu untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efisien”. Jadi, suatu organisasi hakekatnya terdiri dari orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling terikat dan terkait, dan saling bekerja sama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang, serta saling berorientasi pada tujuan tertentu.

Organisasi sebagai wadah interaksi antar manusia serta sebagai proses, mempuyai ciri-ciri sebagai berikut :
1) Tujuan jelas, harus dapat diterima dan dipahami oleh anggotanya.
2) Adanya suatu perintah dari pimpinan keseluruh anggota atau bawahannya.
3) Adanya keseimbangan dan tanggungjawab anggota dengan pemimpin.
4) Pembagian tugas yang adil dan sesuai dengan kewenangan (arah, tugas, dan kemampuan).
5) Struktur organisasi disusun secara sederhana dan pola harus relatif permanen.
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.