Tentukan Gaya Blogwalking Anda Sendiri

10 Mar 2011

Mari Berkawand - Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya ada tiga gaya blogwalking yang pernah saya lihat dan saya lakukan. Dan ketiganya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing

1. Blogwalking untuk belajar

Boleh dikatakan umumnya blogger melakukan gaya ini di awal-awal bloggingnya. Karena yang namanya belajar, kita butuh cara dan bimbingan. Jika kawand lebih banyak belajar secarea online, maka gaya blogwalking ini tidak bisa dihindari. Kawand bisa mencari berbagai tutorial yang kawand butuhkan melalui blog lain. Kemudian kawand tinggal mengikuti tutorial tersebut.

Tapi harap diingat, jika itu saja yang kawand lakukan maka belum bisa disebut sebagai blogwalking. Karena pemilik blog yang kawand kunjungi belum tahu bahwa kawand pernah berkunjug ke blognya. Karena itu jangan lupa tinggalkan komentar kawand di bawah postingan yang kawand baca. Apa isinya? Bisa berupa ucapan terima kasih dan bisa juga berupa pertnayaan tentang keraguan atau kesulitan kawand.

Nah, dengan cara ini kawand akan mendaptakan 2 keuntungan. Pertama ilmunya dan kedua kunjungannya ke blog kawand. Artinya blog kawand sekaligus juga sudah didatangi pengunjung.

2. Blogwalking untuk Menyedot Pengunjung

Setelah fase belajar blogging lewat, maka masalah yang muncul kemudian adalah bagaimana caranya mendatangkan pengunjung. Nah, blogwalking termasuk salah satu cara yang bisa diandalkan. Tapi berbeda dengan yang pertama, blogwalking gaya kedua ini biasanya murni tujuannya untuk menjaring pengunjung. Dari mana kita tahu mas?

Pertama ia tidak lagi ingin mendapatakan ilmu. Karena boleh dikatakan sebagian besar masalah ini sudah dilewatinya. Kedua, dari komentar yang ditinggalkannya. umumnya blogwalking gaya ini, istilah saya, hanya meninggalkan komentar “kentut”. Baik oleh si pemilik blog maupun dia sendiri, komentar ini tidak ada gunanya. Hanya sekedar sebagai tanda atau jejak agar pemilik blog itu bisa dengan mudah berkunjung balik ke blognya. Begitu juga sebaliknya. Dan biasanya pengunjung tersebut juga akan meninggalkan komentar yang lebih kurang sama.

Gaya blogwalking seperti ini bisa mendongkrak jumlah pengunjung ke blog kita. Bahkan dengan update 10 postingan saja kawand sudah bisa mendatangkan pungunjung 500 dalam sehari. Dengan catatan kawand sebelumnya juga telah berkungjung ke 500 blog pada hari itu.

Tapi jangan lupa.gaya ini mempunyai kelemahan. Blog si blogwalkernya sulit menjadi blog yang tangguh. Tapi pengunjugnya rame mas? Ya, tapi nilai pengunjungnya semu. Karena mereka berkunjung bukan untuk mencari konten, tapi hanya sekedar membalas kungjungan. Asal pengunjung itu sudah melepaskan “kentut”nya di kolom komentar blog kawand maka setelah itu mereka akan langsung cabut. Merekan tidak perlu lagi membaca postingan. Nah, jika sehari saja kawand tidak blogwalking maka jumlah pengunjung kawand akan langsung turun.

3. Blogwalking sebagai Konsultan dan Pergaulan

Pada gaya ini, blogwalking bukan lagi mejadi tujuan utama, tapi lebih banyak sebagai sarana berbagi dan pergaulan. Karena pemiliknya lebih fokus pada update. Biasanya ia blogwalking hanya untuk rehat. Lihat-lihat bagaimana perkebangan blogger lain, atau hanya sekedar membalas kunjugan yang datang ke blognya. Atau untuk menjawab dan memberi bimbingan tutorial pada blogger lain.

Kenapa dia bisa begitu mas? Karena blognya sudah padat konten dan juga bermutu, maka pengunjung yang datang lebih banyak tersedot karena itu. Jadi sebulan pun dia tidak menyentuh komputer, peluang pengunjung datang ke blognya masih tinggi. Karena kontennya sudah siap melayani siapa saja yang membutuhkannya. Enak ya!

Nah, lebih kurang itulah tiga gaya blogwalking yang saya ketahui dan yang sudah pernah saya coba. Mana yang bagus mas? Itu sangat tergantung pada tujuan kawand. Tapi rekomendai saya semuanya bagus kecuali nomor dua.
Share this article on :

1 comments:

Kang Bejo said...

Thx so much. Now, i'm be know , what about Nice post, this will helping. Thx

~blogwalker here~

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.