Ingin Langsing itu Mudah Kawan

9 Apr 2011

MENURUNKAN berat badan memang tidak mudah, namun menjaganya tetap ideal butuh usaha lebih keras. Terbukti 95 persen dari diet yang dijalani gagal hanya dalam waktu lima tahun saja. Lalu, bagaimana menjaga lima persen sisanya agar tubuh tetap terlihat langsing nan ramping?

1. Timbang berat badan seminggu sekali
Studi yang pernah dilakukan American Heart Association menunjukkan, menimbang berat badan secara teratur seminggu sekali menjaga berat badan tetap ideal. Alasannya, semakin rajin mengecek ukuran berat tubuh, maka Anda dapat lebih mudah "memperbaiki" tubuh dengan sedikit penyesuaian diet dan olahraga.

2. Upayakan lima porsi buah dan sayur dalam sehari
Wanita yang suka mengonsumsi buah dan sayur (setidaknya lima hari berturut-turut) yang diteliti, menunjukkan 60 persennya cenderung lebih mudah menangkal kelebihan berat badan daripada mereka (wanita) yang mengonsumsi sayur dan buah lebih sedikit, menurut studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention).

Sayur dan buah segar yang kaya serat dan air cenderung membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama. "Mengonsumsi makanan kaya serat selama 24 jam sehari akan membantu mengendalikan nafsu makan Anda dan mengontrol asupan kalori selama sehari," jelas Stephen Gullo, Ph.D, penulis "The Thin Commandments".

3. Diet hentikan "jebakan gendut" di tempat kerja
Hampir 55 persen orang yang berhasil menurunkan berat badannya menyalahkan budaya kantor sebagai perusak diet, ini menurut penelitian yang dilakukan pihak University of Kansas di Kansas City Medical Center.

Jika memang sulit menghindari kudapan di jam-jam sibuk Anda di kantor, cobalah diet praktis dengan memilih makan ringan seperti sereal kaya serat. Saat sore hari, cobalah kudapan tinggi kalori. Sedang untuk menghindari makan berlebihan pada istirahat jam makan siang, nikmatilah kudapan ringan sebelum bertemu dengan klien.

4. Latihan setiap hari selama 30 menit
Mengonsumsi makanan sehat jika tidak diimbangi dengan olahraga teratur, sama saja usaha Anda ingin langsing tak pernah menjadi berhasil. Ditengah padatnya aktivitas, setidaknya luangkan waktu selama 30 sampai 60 menit untuk berolahraga, membakar kalori.

5. Hindari fast food
Sebanyak 62 persen yang menolak keras menghindari fast food (makanan cepat saji) lebih mudah mempertahankan bentuk tubuh idealnya daripada mereka yang mengonsumsi fast food setidaknya dua kali dalam seminggu.

Saat harus beraktivitas di luar rumah, berusahalah untuk memilih menu sehat yang rendah lemak. Pilih menu masakan kering yang ditumis, dipanggang, direbus atau dikukus. jangan lupa juga buah-buahan dan sayuran sebagai menu wajib. Sebaiknya pilih sup berkaldu yang lebih menyehatkan dibanding sup krim tinggi lemak dan kalori.

Menyiapkan makanan sendiri adalah cara terbaik agar asupan makanan Anda tetap terkontrol. Cobalah referensi resep praktis untuk memasak menu rendah kalori dan lemak yang lezat juga menyehatkan.

Jadi, ingin langsing itu sebenarnya mudah, kok!

Salam Berkawand..
Semoga Bermanfaat..
MARI BERKAWAND
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.