Lomba Karya Tulis 2011 (Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang RI - Maroko Untuk SMP - SMA - Mahasiswa)

2 Apr 2011


Hubungan diplomatik yang romantis nan mesra serta menguntungkan antara bangsa-bangsa di dunia, pada masa kini dan jangka panjang menjadi kebutuhan pokok yang dipandang sangat penting dalam menempa kemajuan pembangunan sebuah negara. Tidak bisa tidak lagi, sebuah negara menutup diri dari segala pengaruh dan kemajuan dunia Internasional.

Bercermin dari berbagai tragedi berdarah berupa pergolakan yang terjadi di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang terjadi sejak awal tahun 2011 ini telah mengundang keprihatinan mendalam dari berbagai kalangan. Pertikaian politik dan kontra militer yang menimpa Libya, Mesir, Yaman, Tunisia dan negara lainnya, secara geopolitik ikut andil dalam memperburuk hubungan diplomasi bagi negara-negara di dunia. Dengan dalih pembenar manapun dan apapun, peperangan dan pertikaian hanya mengakibatkan jatuhnya korban nyawa bagi rakyat sipil dan juga pihak militer. Dampak parah dari peperangan, bahkan lebih kompleks lagi.


Di samping telah melanggar HAM, pun menimbulkan kerusakan dan punahnya fasilitas publik, matinya roda pemerintahan dan aktivitas normal peradaban manusia. Aspek-aspek kebudayaan dan kesenian yang dimiliki sebuah bangsa juga bisa punah akibat terjadinya konflik-konflik tersebut. Pada saat bersamaan, perekonomian dunia menjadi kacau, rakyat di berbagai negara menjadi semakin menderita, anak-anak menjadi yatim-piatu dan tidak terurus baik pendidikan maupun pertumbuhannya. Yang menikmati keuntungan dari adanya peperangan, mungkin hanya segelintir pihak (personal, kelompok maupun negara). Yakni negara-negara maju pengekspor senjata-senjata militer dan pesawat tempur.

Berangkat dari multiperspektif tersebut, menjadi sangat urgentif dan topikal, bagi bangsa ini menggagas sebuah konsep acara menarik yang bisa melibatkan banyak kalangan ikut terlibat dalam menciptakan atmosfer kehidupan yang relevan bagi hubungan bagus antar bangsa-bangsa. Berpangkal tolak dari elan dan spirit mulia itulah, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), sebuah lembaga independen tingkat nasional dan internasional yang bergerak dalam bidang jurnalistme warga (citizen journalism) dan berbagai sektor kehidupan kemasyarakatan dan kebangsaan, dengan menjalin kerjasama dengan Kedutaan Besar Maroko di Indonesia; bermaksud menggulirkan sebuah kompetisi nasional bertajuk "Lomba Menulis Artikel Tingkat Nasional tentang RI-Maroko".


PERSYARATAN LOMBA

1. Terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa kecuali, domisili di dalam negeri maupun di luar negeri, bersifat perorangan, yang dibagi dalam 2 (dua) kelompok lomba : SISWA SLTP/SLTA dan MAHASISWA.
2. Mendaftarakan diri menjadi Pewarta Warga di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) pada situs www.pewarta-indonesia.com. Bagi yang belum terdaftar silahkan klik DI SINI untuk mendaftarkan diri. Artikel di Publish : http://infolombaku.blogspot.com/
3. Tema artikel : "Hubungan Persahabatan RI-Maroko: Dulu, Kini dan Besok". Judul bebas. Isi artikel dapat berkaitan dengan berbagai dimensi, seperti sosial-budaya, pendidikan, sejarah, masyarakat, ekonomi, politik, pertahanan-keamanan, peran di dunia internasional, dan sebagainya.
4. Setiap peserta lomba boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Tulisan asli (orisinil) bukan saduran, ditulis dalam bahasa populer, dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD. Kutipan diperbolehkan tidak lebih dari 20% dan wajib mencantumkan sumber referensinya.
5. Naskah diketik dengan jenis huruf Time News Roman (TNR), ukuran 12, spasi 1, dengan panjang artikel populer antara 800 s/d 1.200 kata saja.
6. Pada akhir tulisan dicantumkan identitas lengkap penulis meliputi nama, tempat/tanggal lahir, nama sekolah/universitas, alamat sekolah/universitas, alamat rumah, nomor telepon seluler dan/atau nomor telpon rumah (bila ada), alamat e-mail, dan akun facebook atau friendster atau lainnya.
7. Pengiriman naskah artikel hanya dapat diterima Panitia melalui surat elektronik (e-mail) saja ke : panitia.lomba@pewarta-indonesia.com dan/atau panitia.ppwi@gmail.com. Panitia tidak melayani penerimaan naskah dan surat-menyurat secara konvensional (kantor pos atau jasa pengiriman lainnya). Bagi yang tidak memiliki email dan/atau akses internet, dapat menitipkan kepada orang lain dengan tetap mencantumkan identitas diri penulis.
8. Seluruh naskah lomba harus disertai kartu identitas siswa/mahasiswa (atau surat keterangan siswa/mahasiswa dari sekolah/kampus) dan sudah diterima Panitia antara tanggal 1 April s/d 30 Juni 2011 (Pukul 24.00 WIB).
9. Penjurian akan dilakukan dari tanggal 1 Juli sampai 18 Juli 2011, sedangkan pengumuman pemenang akan dilakukan pada tanggal 20 Juli 2011.


DEWAN JURI DAN KETERANGAN LAINNYA

1. Juri lomba adalah WILSON LALENGKE, S.Pd, M.Sc, MA (Ketua Umum PPWI), TEGUH SANTOSA, MA (Ketua Umum Sahabat Maroko), Imam Suwandi, S.Sos (Penulis, Editor Senior MetroTV), DAMHURI MUHAMMAD (Esais, Cerpenis, Kritikus), DIANING WIDYA YUDHISTIRA (Novelis), SUPADIYANTO, S.Sos.I (Editor dan Kolumnis berbagai media cetak lokal dan nasional), dan MUHAMMAD SUBHAN (Jurnalis dan Novelis).
2. Keputusan Dewan Juri adalah absolut (mutlak) dan tak bisa diganggu gugat.
3. Seluruh naskah yang dikirimkan ke pihak panitia akan dipublikasikan segera di Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) di situs: http://www.pewarta-indonesia.com atas nama akun penulis. Hak publikasi dan penggunaan artikel untuk kepentingan kemanusiaan, pendidikan, persahabatan, dan sosial budaya menjadi milik PPWI Nasional.
4. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada tanggal 30 Juli 2011 bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Kerajaan Maroko, di Jakarta. Pemenang I, II, III diundang ke Jakarta oleh dan atas biaya Kedubes Maroko bagi pemenang yang domisili di dalam negeri (Pemenang yang berdomisili di luar negeri saat penyerahan hadiah hanya akan dikirimkan ke alamat yang diinginkan pemenang).


HADIAH DAN PENGHARGAAN

1. Tropi Juara I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Laptop + Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang I.
2. Tropi Juara II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera Professional + Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang II.
3. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Camera Digital + Menginap 2 malam di hotel bintang 5 di Jakarta + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lainnya bagi 2 orang Pemenang III.
4. Tropi Juara Harapan I dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 1.000.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan I.
5. Tropi Juara Harapan II dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 750.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan II.
6. Tropi Juara III dan Sertifikat dari Dubes Maroko untuk Indonesia + Tabanas Rp. 500.000,- + Sertifikat dari PPWI + hadiah sponsor lain bagi 2 orang Pemenang Harapan III.
7. Sebanyak 111 (seratus sebelas) naskah terbaik akan dipublikasikan dalam bentuk buku oleh pihak Kedutaan Besar Maroko. Tulisan yang tidak terpilih akan dicantumkan judul tulisan bersama penulisnya di daftar lampiran.
8. Sebagai apresiasi positif, seluruh peserta lomba mendapatkan piagam penghargaan (dalam bentuk soft-copy) dari PPWI Nasional dan Kedubes Maroko di Jakarta.


PENUTUP
Nah inilah kesempatan emas untuk membuktikan kepedulian Anda dalam ikut andil menciptakan hubungan siklikal yang apik antara RI-Maroko, dan jika Anda beruntung bakal mendapatkan hadiah-hadiah menarik di atas!

Alamat Sekretariat Panitia Lomba (PPWI) :

Jl. Danau Diatas No. 94 Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 10210, Phone 021-5705101, Fax 021-5742554 dan/atau Jl. Anggrek Cendrawasih X, Blok K No. 27B, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat 11840. Call/SMS Center: 081380162929 (Popi Rahim), 081371051875 (Wina). e-mail: panitia.lomba@pewarta-indonesia.com dan panitia.ppwi@gmail.com.
Jakarta, 05 Maret 2011
a/n Pengurus PPWI Nasional


Pantitia Lomba,
Popi Rahim

Share this article on :

2 komentar:

Eddy mengatakan...

Maaf Mas, Boleh Tidak Saya Copy-Paste Artikelnya Buat Menyebariin Informasinya ? sebelumnya Terima Kasih Mas.

Anonim mengatakan...

"klik disini", kok g bisa???

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.