Cara Mudah Ketahui Jenis Kelamin Bayi

14 Aug 2011

Mari Berkawand - "Laki-laki atau perempuan?" Ini salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan pada calon orang tua. Dulu, untuk mengetahui jenis kelamin janin, baru ketika melahirkan. Seiring perkembangan teknologi, hal itu bisa diketahui dengan pemeriksaan ultrasonografi, yang bahkan mampu mendapatkan gambar empat dimensi janin.

Sekarang, berkat tes darah sederhana, calon ibu dapat mengetahui jenis kelamin janin saat kehamilan berusia 7 minggu. Sebelumnya, hal ini tidak banyak ditawarkan oleh dokter,meskipun banyak alat pendeteksi jenis kelamin melalui darah dijual bebas secara online kepada konsumen beberapa tahun terakhir.

Saat ini, para peneliti telah menemukan alat yang dapat memberikan hasil yang sangat dini dan akurat. Seperti dilansir dari Daily Mail, tes ini mencari potongan-potongan kecil dari kromosom pria dalam darah ibu sehingga dapat diketahui jika ibu mengandung anak laki-laki. Jika tidak terdapat potongan kromosom pria, kemungkinan besar anak berjenis kelamin perempuan.

Metode yang disebut dengan cell-free foetal DNA ini telah tersedia di rumah sakit di Eropa dengan biaya sekitar £255 atau lebih dari Rp3,5 juta. Belum tersedia di rumah sakit di negara-negara lain, tetapi alat tersebut sudah diperjualbelikan secara online.

Sebelum menemukan metode ini, penulis penelitian Dr. Diana Bianchi dan rekannya menganalisa 57 penelitian sebelumnya yang menganalisis lebih dari 6500 kehamilan. Mereka menemukan bahwa 98,8 persen orang tua dapat memercayai tes kelamin anak jika tes tersebut menunjukkan anak laki-laki. Lalu, 94,8 persen orangtua percaya jika tes mengatakan jenis kelamin anak yang dikandungnya adalah perempuan.

Namun, menurut Dr Mary Rosser dari Montefiore Medical Center, New York, pengujian ini dapat mendorong ibu melakukan abortus jika jenis kelamin anak tidak sesuai dengan keinginan.

"Apa yang harus kita pertimbangkan dengan alat ini. Jika orang tua menggunakannya untuk mengetahui jenis kelamin anak dan membunuh janin berdasarkan hal tersebut, itu adalah masalah besar," ujarnya.

Alternatif pengujian jenis kelamin janin yang dapat dilakukan dan masih menjadi unggulan saat ini adalah penggunaan USG yang bisa mendeteksi ketika janin berusia 12 minggu. Tetapi sayangnya, tidak selalu tepat mendeteksi jenis kelamin janin.
Sumber:http://kosmo.vivanews.com/news/read/239977-ketahui-jenis-kelamin-bayi-dengan-tes-darah
Share this article on :

2 comments:

Anonymous said...

Hey there this is somewhat of off topic but I was wondering if blogs use WYSIWYG editors or if you have to
manually code with HTML. I'm starting a blog soon but have no coding knowledge so I wanted to get guidance from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

Here is my page :: peasantdress.net
Here is my blog :: mens summer fashion tips

Anonymous said...

I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
It's pretty worth enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever before.

Feel free to visit my web-site; shootingbench.net
Here is my page : Shooting Bench

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.