Jauhi Minuman Berkafein Selama Berpuasa

2 Aug 2011

Mari Berkawand - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Titus Nursyiwan menyarankan masyarakat untuk menghindari minuman berkafein, selama menjalankan puasa, karena dapat mempercepat dehidrasi pada tubuh.

"Bagi para pecinta kopi, selama Ramadhan sebaiknya kurangi minum kopi karena minuman mengandung kafein, teh atau minuman bersoda, bisa mempercepat proses dehidrasi," kata Titus di Sungai Raya, Senin (1/8).

Selama Ramadhan, dia mengatakan, tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi. "Makanya konsumsi air minum mineral sebanyak delapan sampai 10 gelas per hari saat berbuka dan santap sahur," katanya.

Pasalnya, dengan mengkonsumsi minuman bersoda dan berkafein akan membuat terjaga di malam hari, dan memiliki efek diuretik pada tubuh.

Titus juga menerangkan berpuasa Ramadhan merupakan waktu tepat memperbaiki metabolisme tubuh sehingga tubuh makin sehat. Jangan memikirkan berpuasa sebagai cara berdiet, namun bagaimana menahan nafsu dan menjalani hidup sehat.

Akan tetapi jika Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter. "Tanyakan pada dokter, bagaimana cara terbaik membantu tubuh agar bisa menjalankan puasa dengan sehat," katanya menyarankan.

Selain itu, ia juga menyarankan, bagi yang menjalankan ibadah puasa tetap mempertahankan kebiasaan makan yang baik dengan menu seimbang dengan buah dan sayuran.

"Cobalah tidak makan terlalu cepat saat berbuka puasa. Kunyahlah makanan dengan lembut dan jangan lupa untuk minum cukup untuk menghindari dehidrasi dan sakit kepala pada siang hari," katanya.

Kalau bisa, lanjutnya, perbanyak jus buah segar juga dapat membantu tubuh tetap fit selama Ramadhan.

Ia juga menyarankan agar masyarakat jangan lupa berolahraga. "Itu penting untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar," kata dia.

"Lakukan kegiatan aktif setelah berbuka, minimal melakukan aktivitas berjalan santai. Dan jangan lupa tidur cukup, karena tidur malam yang baik diperlukan untuk memastikan keseimbangan tubuh di hari berikutnya terutama bagi mereka yang pergi bekerja atau belajar dan kurang tidur dapat menyebabkan gelisah, sakit kepala dan masalah pencernaan yang buruk," katanya. [nta]
Sumber: http://nonblok.com/style/seks-a-kesehatan/item/1312-hindari-minuman-berkafein-selama-berpuasa
Share this article on :

1 comments:

Fajar said...

waduh..padahal..kalo berbuka..kalo.nggak ngupi..kagak..afdhol..om..

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.