Makanan Protein Ideal yang Tidak Bikin Gemuk

19 Oct 2011

Mari Berkawand - Kita sering mendengar bahwa hidup sehat ditunjang dengan makan empat sehat lima sempurna. Seiring berjalannya waktu, maka berkembang pula gaya hidup manusia, termasuk pola makan.

Dikatakan bahwa karbohidrat yang terlalu banyak bisa berubah menjadi lemak jika tidak dibakar dengan olahraga. Terlalu banyak protein juga berbahaya bagi kesehatan ginjal. Hal ini semakin membingungkan dan menimbulkan pertanyaan, sebenarnya berapa persentase yang seimbang untuk mengonsumsi semua itu?
Sebuah riset terbaru mendukung teori bahwa meningkatkan asupan protein bisa mencegah kenaikan berat badan. Riset dari Australia ini menunjukkan angka yang baik saat seseorang makan protein yang diseimbangkan dengan karbohidrat, yakni 15.

15 adalah persentase asupan protein yang ideal untuk melawan kenaikan berat badan. Studi ini diterbitkan oleh PLoS One-Public Library of Science, 12 Oktober lalu. Selain mencegah berat badan naik, 15% asupan protein juga dapat melawan lapar dan menjaga kadar lemak tubuh seimbang, seperti dilansir oleh Nydailynews.

Untuk mendukung kebenarannya, peneliti menguji 22 peserta yang dibagi menjadi tiga jenis diet. Tiga diet ini terbagi atas persentase asupan protein; 10, 12 dan 15. Diet ini dikonsumsi konsisten selama empat hari. Hasilnya, asupan protein lebih rendah memicu peserta untuk ngemil lebih banyak.

Peneliti juga menaikkan kadar konsumsi protein hingga 25%, dan hasilnya sama saja dengan yang mengonsumsi protein sebanyak 15%. Hasil penelitian ini memberikan asumsi bagi para peneliti bahwa manusia memiliki keinginan mengonsumsi protein yang kuat. Saat asupannya kurang, tubuh memaksa kita untuk makan lebih banyak kalori untuk menggantikannya," ujar Alison Gosby, pimpinan penelitian.
sumber:http://www.wolipop.com/read/2011/10/19/101520/1747353/849/asupan-protein-ideal-yang-tidak-bikin-gemuk?w992201835
Share this article on :

1 comments:

saidialhady said...

nice info... cocok yang mau menjaga kesehatan tubuh..

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.