Makan Telur Dipagi Hari Bikin Tubuh Bugar

20 Nov 2011

Mari Berkawand - Biasa sarapan apa Anda setiap pagi? Jawaban Anda mungkin akan beragam. Dari bubur ayam, roti, ketupat sayur, mi ayam, nasi goreng, sampai nasi padang pun mungkin ada. Ada juga orang yang hanya minum susu atau kopi untuk mengawali hari. Tetapi sumber makanan yang bisa membuat Anda tetap bugar sepanjang hari ternyata bukan kopi atau cokelat panas, melainkan sebutir telur.

Menurut para peneliti, kandungan protein pada telur lah yang membuat tubuh tetap siaga. Protein juga jauh lebih efektif daripada karbohidrat yang didapat dari biskuit, cokelat, dan permen, yang seringkali diandalkan untuk mendongkrak energi. Kandungan gizi protein memengaruhi sel-sel otak, dan peneliti dari Cambridge University mendapati bahwa campuran serupa kandungan protein pada putih telur mengaktifkan sel-sel ini, sehingga memicu pelepasan orexin -stimulan yang membantu membuat kita merasa berenergi.

"Yang menarik adalah ada cara yang rasional untuk membuat sel-sel otak ini menjadi lebih atau kurang aktif, yaitu dengan memutuskan makanan apa yang dimakan," ujar peneliti Dr Denin Burdakov.

Ketimbang makan roti dengan selai, Burdakov lebih menyarankan kita untuk makan roti dengan telur. Karena, meskipun keduanya mengandung jumlah kalori yang sama, menambahkan protein juga akan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Lebih lanjut, British Nutrition Foundation belum lama ini menyatakan bahwa tipe kolesterol yang ditemukan pada telur hanya memberi pengaruh minimal pada meningkatnya risiko serangan jantung.
sumber
Share this article on :

1 comments:

M. Ikhsanudin said...

PERTAMAXX GAN....
thanks atas infonya gan...
ane sering banget nih makan pagi pake telur.. hahaha.. gak disangka yaaa....

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.