Olahraga Sendirian? Siapa Takut

28 Jan 2012

Mari Berkawand - Faktor utama yang menjadi tantangan saat berolahraga sendiri adalah rasa malas. Bagaimana tidak, saat orang lain berolahraga bersama pasangan atau teman, Anda berlatih sendirian tak ada teman yang menyemangati.

Namun, menurut Leo Babauta, pemilik situs Zen Habits, hal ini seharusnya tak menjadi masalah. Selalu ada cara untuk tetap bersemangat. Leo adalah mantan pegawai negeri di Amerika Serikat yang hidupnya sempat terpuruk dan mengalami obesitas. Simak cara pria yang akrab disapa Mr Zen ini, memotivasi dirinya kala harus berlatih sendirian.

1. Waktunya untuk diri sendiri. Anggap waktu berlatih adalah waktu luang untuk diri sendiri alias me time. Di luar waktu ini, Anda harus mengurus pekerjaan, keluarga, mendengarkan curhat teman, dan segudang kewajiban lain. Kapan ada waktu untuk diri sendiri? Waktu olahraga, itulah waktu Anda untuk lepas dari semua kewajiban bersama orang lain. Olahraga sambil merenung atau berkhayal, siapa yang melarang?

2. Hitung kalori yang terbakar. Menghitung kalori yang habis karena latihan fisik terdengar membosankan dan rumit. Namun, ini adalah cara paling ampuh untuk memicu diri mencapai tujuan latihan agar tubuh idel dan sehat bugar. Kebiasaan menghitung kalori saat berlatih gym tidaklah sulit karena mesin fitnes zaman sekarang sudah dilengkapi dengan kalkulator penghitung.

3. Bersenang-senanglah. Olahraga seharusnya dipandang sebagai sesuatu yang menyenangkan, bukan menyiksa. Jika bosan dengan program yang ada, beralihlah sejenak ke jenis olahraga lainnya. Pilih mana saja yang Anda suka. Misalnya berenang atau hiking.

4. Bayangkan tubuh ideal. Lihat bayangan diri Anda di cermin dalam keadaan telanjang. Kemudian jujurlah pada diri sendiri, apakah Anda puas dengan bentuk tubuh sekarang? Jika tidak, bayangkan seperti apa bentuk tubuh ideal yang Anda inginkan. Setiap kali motivasi turun, kembalilah pada imajinasi mengenai bentuk tubuh idaman Anda.

5. Banyak baca. Lebih seringlah membaca pengalaman orang lain atau tip yang di share para pakar lewat tulisannya, seringkali cara ini berhasil membangkitkan semangat Anda.

6. Cari role model. Bukan berarti Anda harus memiliki tubuh seperti para model atau kalangan selebriti. Tetapi, jadikan tubuh para selebriti yang Anda lihat di depan kamera, sebagai inspirasi dan motivasi untuk rajin berlatih demi menghilangkan lemak di tubuh Anda.
sumber
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.