Inilah 5 Hal Yang Membuat Pori-Pori Besar

1 Feb 2012

Mari Berkawand - Pori-pori besar seringkali dikeluhkan, karena membuat tampilan kulit wajah jadi kurang maksimal. Berbagai perawatan mahal pun dilakukan untuk membuat pori-pori terlihat lebih kecil.

Namun faktanya, pori-pori tak bisa dibuat lebih kecil dan hal yang bisa dilakukan hanya membersihkannya. Termasuk, menghindari pencetus yang membuat pori-pori kotor dan terlihat besar. Lalu, hal apa saja yang membuat pori-pori kulit terlihat lebih besar?

1. Kotoran
Sisa riasan, sel kulit mati serta paparan debu akan dengan mudah menyumbat pori-pori Anda. Hal ini terjadi setiap hari. Untuk itu, wajib hukumnya membersihkan wajah sebelum tidur.

2. Minyak
Minyak alami pada wajah sebenarnya berfungsi menjaga pori-pori dengan membentuk lapisan. Tapi, jika berlebihan, akan membuat pori-pori jadi lebih besar.

3. Pertumbuhan bakteri
Bakteri yang tumbuh ini memicu munculnya komedo. Bintik putih atau kehitaman juga akan membuat pori-pori terlihat besar.

4. Paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat mengentalkan sel-sel kulit di sekitar tepi pori-pori. Hal ini akan mengesankan pori-pori tampak besar.
Perawatan
Anda sudah tahu kalau pori-pori tak bisa dibuat lebih kecil. Daripada disibukkan menggunakan produk atau melakukan perawatan yang sia-sia lebih baik Anda menjaga kesehatan pori-pori.

Lakukan saja lima langkah berikut, agar pori-pori dan kulit Anda selalu dalam keadaan sehat dan terlihat cantik.

1. Bersihkan wajah
Ini adalah langkah utama dalam perawatan wajah. Kunci untuk membuat pori-pori sehat adalah membersihkan wajah. Pastikan saat tidur kulit dalam keadaan bersih agar regenarasi sel bekerja dengan efektif.

2. Eksfoliasi
Untuk membersihkan kotoran membandel yang menyumbat pori-pori, lakukan eksfoliasi secara teratur. Anda bisa menggunakan produk yang mengandung asam salisilat atau scrub untuk mengeluarkan minyak, kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori.

3. Gunakan pore strips
Anda bisa menggunakan pore strips dua kali dalam seminggu untuk membersihkan komedo membandel di area hidung. Jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat memicu iritasi.

4. Lindungi kulit dari paparan matahari
Saat keluar rumah, selalu gunakan tabir surya. Gunakan juga pelindung fisik seperti topi atau payung untuk meminimalisir efek buruk sinar matahari.

5. Serap minyak
Ketika kulit wajah mulai mengeluarkan minyak berlebihan, segera serap dengan tisu atau kertas minyak untuk wajah.
sumber
Share this article on :

1 comments:

Eyna cheche said...

aya dah cuba membersihkan wajah seperti yang dikatakan di atas..
tapi pori pori di wajah tetap tidak mengecil... kulit saya jenis yang mudah berminyak tetapi tidak berjerawat hanya berkomedo..

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.