Cara Budidaya Sirih Merah ( Piper crocatum ) Dengan Merunduk

10 Jun 2014

TAHAP-TAHAP MERUNDUKAN SIRIH MERAH - Budidaya sirih merah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara baik cangkok,stek,maupun merunduk. Salah satunya yang dilakukan oleh CV.Indmira adalah cara budidaya sirih merah dengan merunduk. Hampir sama dengan cara cangkok, pertama kali yang harus disiapkan adalah memilih indukan atau batang yang akan dirundukkan.
runduk batang menggunakan pot-pot kecil yang di jajar
Perbanyakan dengan cara runduk batang tidak memerlukan plastik pembungkus. Runduk batang memerlukan pot-pot kecil berdiameter 20 cm yang dijajar berderet dengan jarak 10 cm. Pot-pot tersebut kemudian diisi dengan media tanam yang terdiri dari tanah liat, pupuk organik padat produksi Indmira dengan perbandingan 1:1. Idealnya, batang sirih merah yang akan dirunduk ini sudah mempunyai sulur sepanjang 1,5-2 meter.

Selanjutnya letakkan pot tanaman induk di sebelah kiri dan rentangkan batang sirih merah yang panjang kekanan tepat di atas pot-pot yang akan dirundukkan. Tanam ruas batang yang berakar ke dalam pot-pot yang sudah dijajar dengan kedalaman 3-4 cm. selanjutnya, dibagian atasnya tutup dengan media tanam. Demikian seterusnya sampai buku-buku daun sirih habis tertanam.

Penanaman ini berlansung sampai tiga minggu. Setelah melewati minggu ketiga, pemotongan sudah bisa dilakukan karena akar sudah tumbuh kebawah sedalam 3-4 cm dan sangat mungkin untuk bisa hidup.(boni kusuma)
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.