Cara Meramu Daun Sirih Merah sebagai Obat Aneka Penyakit

11 Jun 2014

KawandNews.com - Gejala atau tanda-tanda diabetes mellitus yang perlu diwaspadai diantaranya badan terasa lemah, pegal-pegal, kesemutan diujung tangan dan kaki, mengantuk yang berlebihan terutama satu jam setelah makan, mata terasa kabur, kencing berlebihan, serta kadang-kadang disertai luka yang sulit sembuh. Ramuan daun sirih merah untuk mengobati diabetes mellitus bisa secara tunggal atau bisa pula dipadukan dengan tanaman obat lainnya.

1. Ramuan Daun Sirih Merah secara Tunggal 
Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dari daun keenam atau ketujuh darr pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan daun sirih merah ini sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum 0,5 gelas.

2. Ramuan Daun Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya 
Tiga lembar daun sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jambang kering. Ketiga bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Selanjutnya, ramuan disaring dan diminum sehari dua kali pada pagi dan sore hari sebelum makn, sekali minum 0,5 gelas.

Untuk mengobati penyakit jantung koroner maka cara meramu tanaman sirih merah ini dilakukan dengan cara ramuan daun sirih merah secara tunggal maupun dicampur dengan tanaman obat lainnya seperti yang dijelaskan dibawah ini :

1. Ramuan Daun Sirih Merah secara Tunggal

Daun sirih merah berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil sebanyak 6-8 lembar. Daun sirih merah dicuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Selanjutnya direbus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas dan disaring. Ramuan ini diminum selagi masih hangat dua kali sehari sebelum makan, sekali minum 1 gelas.

2. Ramuan Daun Sirih Merah dengan Tanaman Obat Lainnya

Daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3-4 lembar, daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dewa kering 3 gram, dan daun gingseng 4 lembar. Semua bahan dicuci bersih dan diiris kecil-kecil, lalu direbus dengan 3 gelas air (600 ml) hingga tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari selagi hangat dan bisa ditambahkan 1 sendok teh madu. Sekali minum 0,5 gelas.

Aneka tips meramu tanaman sirih merah untuk membasmi aneka penyakit:

1. Rebusan Daun Sirih merah
Petik 4-6 lembar daun sirih merah dari tanaman berumur 4-5 bulan yang segar, warna merahnya cerah, serta bentuknya lebar dan tebal. Cuci bersih sirih merah tersebut menggunakn air mengalir secara berulang. Selanjutnya daun sirih merah diiris kecil-kecil dan direbus dengan air sebanyak 3 gelas (600 ml) hingga mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini untuk 2-3 kali minum, sekali minum 0,5 gelas. Penderita penyakit berat dianjurkan meminum ramuan ini selama dua minggu berturut-turut.

2. Teh Celup Daun Sirih Merah
Daun sirih merah yang cukup tua dicuci bersih, diiris kecil-kecil, dijemur sampai kering, kemudian diremas-remas dengan tangan sampai hancur (menjadi bubuk kasar). Agar rasanya lebih segar, bisa ditambahkan teh hijau dan bunga melati kering. Selanjutnya, bubuk daun tersebut dimasukan ke dalam kantong teh celup. Pemakaiannya sama dengan teh celup pada umumnya, yakni diseduh dan diminum selagi hangat.

3. Daun Sirih Merah Instan
Daun sirih merah kering sebanyak 50 gram direbus dengan air 3 gelas sampai mendidih. Selanjutnya, gula putih sebanyak 200 gram dan perasaan air jeruk nipis 5 sendok makan dimasukan ke dalamnya. Perebusan atau pemanasan terus dilakukan dan suhunya dinaikan menjadi 150° C hingga mengkristal. Kristal daun sirih merah didiamkan hingga dingin. Setelah dingin diblender hingga lembut, disimpan didalam toples kaca atau plastik dan ditutup rapat. Ramuan instan ini siap dikonsumsi dengan dosis 2-3 sendok teh diseduh dengan air mendidih 200 ml.

4. Kapsul Ekstak Daun Sirih Merah
Daun sirih merah kering sekitar100 gram digiling atau ditumbuk hingga menyerupai teh seduh. Selanjutnya direbus dengan air 4 gelas (800 ml) hingga mendidih selama 30 menit. Hasil rebusan disaring dan hasil saringannya dipanaskan lagi dengan api kecil hingga tersisa 50 ml. Setelah dingin, air rebusan daun sirih merah dicampur dengan tepung beras yang berkualitas hingga menjadi adonan. Adonan ini dikeringakan hingga mengeras, kemudian dipotong kecil-kecil, dan setelah kering benar diblender atau digiling menjadi serbuk lembut. Serbuk lembut atau ekstrak daun sirih merah ini siap dimasukan dalam kapsul..Ukuran kapsul disesuaikan dengan kebutuhan. Kapsul bisa diminum dua kali sehari pagi dan sore, sekali minum dua kapsul (2x2). Jika persediaan kapsul habis, kita bisa membuat ekstrak lagi dengan cara yang sama. Kapsul ekstrak sirih merahyang belum dikonsumsi sebaiknya disimpan di dalam botol kaca atau plastic dan ditutup rapat. (Sudewo, 2005).(boni kusuma)
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.