Cara Sistematis Membersihkan Dapur

23 Jul 2014

KawandNews.com - Dari seluruh ruangan di rumah, dapur merupakan tempat yang paling sering berantakan dan kotor. Bagaimana tidak, dalam sehari tiga kali sedikitnya kita berada dapur. Untuk menyiapkan makan pagi, makan siang dan juga makan malam. Pada saat menyiapkan masakan, mau tidak mau kita pasti mengotori peralatan dan perlengkapan dapur beserta area dapur itu sendiri.

Sebaiknya selesai memasak kita langsung membersihkan peralatan dan perlengkapan yang kita gunakan. Hal ini untuk menghindari kotoran yang menempel berubah menjadi kerak yang akan sulit untuk dibersihkan.

Selain peralatan dan perlengkapan dapur, kebersihan lantai dapur juga jangan lupa kita perhatikan. Masukkan kegiatan menyapu dan mengepel lantai dapur ke dalam daftar pekerjaan rutin rumah tangga untuk menghindari lantai berubah warna menjadi kekuningan. Untuk memperoleh tips mengenai kegiatan rumah tangga lainnya Anda dapat mengunjungi Bersih bersih.

Nah meskipun Anda adalah tipe rajin yang membiasakan bersih-bersih dapur setiap kali Anda menggunakannya, kita tetap perlu menyisihkan waktu untuk membersihkan dapur secara menyeluruh.

Untuk kegiatan bersih-bersih dapur yang satu ini tidak perlu jadwalkan sebagai kegiatan harian atau mingguan. Sebulan atau dua bulan sekali tidak menjadi masalah.

Salah satu cara sistematis membersihkan dapur secara menyeluruh adalah dengan membagi dapur menjadi beberapa beberapa area dan melakukan kegiatan bersih-bersih setiap area tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut:

Area Memasak

Bagian dapur yang paling kotor biasanya adalah area memasak. Jadi mumpung masih bersemangat mulailah dengan membersihkan area ini sebelum membersihkan bagian-bagian dapur yang lain. Selain perlengkapan yang biasa Anda gunakan untuk memasak seperti kompor, oven dan microwave, jangan lupa membersihkan permukaan meja yang sering Anda gunakan untuk meletakkan peralatan masak Anda atau bahan-bahan makanan.

Anda cukup menyiapkan baskom berisi air yang telah dicampur dengan cairan pembersih, beberapa buah lap dan sikat kecil. Siapkan juga beberapa lap kering salah satunya untuk mengelap kering permukaan kompor atau perlengkapan meja sehinga tidak meninggalkan residu pada saat kering.

Langkah awal, gunakan lap kering untuk membersihkan permukaan kompor, area dekat kompor dan juga perlengkapan dapur lain yang Anda miliki. Setelah bersih dari remah-remah dan kotoran, gunakan lap basah yang telah sebelumnya Anda rendam di dalam baskom berisi campuran air dan cairan pembersih. Dengan demikian lap basah itu dapat berfungsi secara efektif untuk menghilangkan noda-noda dan bukan untuk mengangkat remah-remah yang terdapat pada permukaan perlengkapan dapur.

Untuk noda-noda tumpahan minyak atau makanan yang sulit dihilangkan, Anda dapat mencampur baking soda, cuka, atau pembersih kimia yang dijual di supermarket ke dalam baskom. Tetapi hindari menggunakan pembersih kimia kalau permukaan yang akan Anda bersihkan terbuat dari marmer. Kandungan asamnya yang cukup tinggi dapat merusak motif dan kehalusan permukaan marmer tersebut.

Tempat Mencuci Piring dan Membuang Sampah

Selesai membersihkan tempat memasak, saatnya bersih-bersih tempat cuci piring dan juga tempat sampah Anda.

Seringkali tempat mencuci piring tidak hanya digunakan untuk mencuci piring atau peralatan dapur lain, tetapi juga tempat membersihkan ikan, ayam atau daging. Akibatnya selain bau tak sedap yang muncul, bak cuci piring Anda dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan saringan pada lubang saluran air tempat cuci piring Anda selalu bersih dari kotoran sisa makanan.

Untuk tindakan preventif, bersihkan saluran air pada tempat bak cuci piring Anda. Caranya angkat saringan pada lubang saluran air lalu dengan sikat kecil yang panjang gosoklah bagian dalam pipa. Sebelumnya rendamlah sikat tersebut di dalam baskom berisi campuran air dan karbol atau cairan disinfektan lainnya.

Nah selain tempat mencuci piring, tempat sampah pun selain rajin dibuang isinya juga perlu dicuci wadahnya. Kebiasaan kita adalah melapisi wadah tempat sampah kita dengan kantong plastik sehingga kita bisa mudah membuang isinya tanpa mengotori wadanya sendiri.

Tapi tidak ada jaminan bahwa wadah tersebut tidak kotor. Terkadang ada beberapa sampah, kotoran atau cairan yang merembes keluar dari kantong plastik dan mengotori wadah tempat sampah.

Oleh karena itu bawa wadah tempat sampah keluar rumah dan cuci menggunakan selang air. Gosoklah bagian dalam dengan sikat besar dan sedikit cairan disinfektan.

Tempat Penyimpanan Makanan

Bagian dari dapur yang dapat Anda bersihkan terakhir atau dapat Anda kerjakan di keesokan harinya adalah tempat-tempat penyimpanan makanan atau produk rumah tangga lainnya. Misalnya, kulkas, lemari beserta laci-lacinya dan juga kabinet.

Caranya pertama-tama keluarkan semua makanan yang sudah tidak layak makan atau produk rumah tangga yang sudah lewat kadaluarsanya. Gabung semuanya ke dalam satu kantong plastik besar lalu buang.

Setelah itu keluarkan seluruh makanan dan produk di dalam tempat penyimpanan satu-satu. Anda bisa memulai dari kulkas terlebih dahulu dan selanjutnya lemari kemudian kabinet lain yang terdapat di dapur Anda. Letakkan makanan dan produk tersebut secara rapi dan kelompokkkan berdasarkan tempat penyimpanannya semula. Hal ini mencegah Anda bingung ketika harus mengembalikannya ke tempat semula.

Mudah-mudahan tahapan dan tips membersihkan dapur di atas dapat membantu kegiatan bersih-bersih Anda menjadi lebih sistematis dan otomatis lebih ringan.
Share this article on :

2 comments:

Yuliono Gundul said...

terima kasih om untuk cara caranya dapat menambah wawasan bisa saya kasih tahu istri saya ini biar tidak sembarangan dalam membersihkan dapur hehehe. salam kenal juga dari kami.

nasphie post said...

setuju,,dapur emang paling kotor dan lumayan capek untuk dibersihkan,,
bisa di ikuti juga nih tips nya..thanks

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.