Pengertian Sepaktakraw dan Nomer yang Dipertandingkan

17 Jul 2014

Mari Berkawand Sport - Permainan sepaktakraw merupakan suatu jenis permainan yang dilakukan di atas lapangan empat persegi panjang yang berukuran 13,40 X 6,10 meter, rata, baik lapangan terbuka maupun lapangan tertutup, serta bebas dari semua rintangan.

Lapangan dibatasi oleh net. Bola yang dipakai terbuat dari rotan dan plastik (synthetic fibre) yang dianyam bulat. Permainan ini menggunakan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan. Bola dimainkan dengan mengembalikannya ke lapangan lawan melewati net.

Permainan ini dilakukan oleh dua regu, masing-masing terdiri dari tiga orang pemain. Pemain yang bertugas sebagai tekong yang berdiri paling belakang dan dua orang lainnya menjadi pemain depan yang berada disebelah kanan dan kiri yang disebut apit kanan dan apit kiri. Tujuan dari setiap pemain adalah mengembalikan bola ke lapangan lawan.

Nomor yang Dipertandingkan

Dalam perkembangannya, perlombaan sepaktakraw dibagi kedalam beberapa nomor antara lain :

1) Tim, yaitu nomor pertandingan sepaktakraw dimana dalam permainannya terdiri dari 3 regu dengan 9 pemain dan 3 cadangan.

2) Regu, yaitu nomor pertandingan sepaktakraw dimana dalam permainannya terdiri dari 3 pemain dan 1 cadangan.

3) Double event, yaitu nomor pertandingan sepaktakraw dimana dalam permainannya terdiri dari 2 pemain dan 1 cadangan.

4) Hop takraw, yaitu nomor perlombaan sepaktakraw dimana dalam permainannya terdiri dari 5 pemain dan 1 cadangan.

Cara penilaian untuk nomor tim, regu, dan double event dengan sistem rally point, dalam setiap game terdiri dari dua set dengan nilai 21, bila terjadi angka 20 sama maka terjadi penambahan nilai (deuce) dengan selisih 2 angka dengan maksimal nilai 25, bila terjadi nilai set satu sama maka kemenangan ditentukan dengan tie break dengan nilai 15 apabila terjadi nilai 14 sama maka terjadi penambahan nilai (duece) dengan selisih 2 angka dengan maksimal nilai 17.

Sedangkan untuk nomor hop takraw permainan dilakukan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring, dengan menggunakan: kepala, bahu, paha, kaki bagian dalam (sepak sila), punggung kaki, tumit, sepak silang, dengan ketinggian ring untuk putra 4,75 meter dan untuk putri 4,50 meter. Masing-masing bola yang masuk ke dalam ring mendapatkan nilai 10, dengan lama permainan 30 menit.
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.