Kiat Jitu Menghilangkan Bekas Membandel Stiker Pada Mobil

10 Sep 2014

KawandNews.com - Residu atau bekas stiker pada eksterior mobil kerapmen jadi masalah bagi mereka yang ingin mengubah penampilan luar kendaraan.Mulai dari gambar tempel berbahan kertas dari universitas tempat Anda atau anak-anak Anda menuntut ilmu, hingga stiker berukuran besar terbuat dari bahan kedap air yang biasa digunakan pada kendaraan operasional perusahaan atau kantor, kemungkinan besar akan meninggalkan bekas bahan perekat ketika dikelupas. Kasus yang banyak terjadi juga adalah pembeli mobil bekas merasa stiker-stiker yang menempel pada bodi atau kaca mobil tidak terkait dengan pemilik baru.Mereka cenderung tidak langsung memakai mobil tersebut melainkan memilih memberikan perawatan mobil secara menyeluruh luar dan dalam sebelum memakainya.

Sisa stiker pada bodi mobil dapat mengundang kotoran dan debu untuk menempel sehingga membuat bagian tersebut semakin lama semakin keruh. Jika bagian tersebut berukuran cukup besar, kondisinya akan menjadi pemandangan tak sedap. Dalam jangkapanjang hal ini juga akan memengaruhi nilainya pada saat dijual.Ikuti petunjuk berikut ini untuk membersihkan sisa stiker secara sempurna tanpa merusak cat mobil.

Mengelupas Tuntas Stiker Secara Alami

Pada beberapa kasus, khususnya pada stiker yang tidak menggunakan lem berdaya lekat tinggi, tempelan bisa disingkirkan cukup dengan jari atau penghapus pensil.Jadi,langkah pertama adalah memastikan stiker tersebut bisa dikelupas cukup mudah dengan mengetes pada bagian ujungnya.Lemyang tidak terangkat bersamaan dengan stiker bisa kemudian digosok perlahan dengan ujung jari maju mundur untuk membentuk bola-bola kecil residu lem.Sebagai alternatif, gunakan penghapus karet untuk mengumpulkan residu lem sehingga lebih memudahkan untuk dipungut.

Cara lain yang bisa dicoba tanpa risiko pada cat mobil adalah menggunakan pita isolasi berbahan kertas. Lingkarkan pita isolasi ini pada ujung jari tengah dan telunjuk dengan bagian yang lengket menghadap keluar. Tempelkan bagian lengket ini pada residu lem dan angkat segera untuk memindahkan residu dari permukaan mobilke pita isolasi.Lakukan ini berulang-ulang hingga Anda mengangkat sebanyak mungkin sisa-sisa lem.Jika daya rekat pita isolasi tidak mempan lagi sebelum Anda selesai, ganti pita isolasi yang baru.Metode ini bisa dipadukan dengan cara pertama.

Menggunakan Cairan Pembantu

Beberapa cairan khusus diproduksi untuk tujuan perawatan mobil ini.Namun sebelum terburu membeli produk-produk berbahan kimia tersebut, Anda bisa menggunakan bahan yang sudah tersedia di rumah.Tengok lemari dapur dan kotak obat-obatan Anda. Minyak untuk memasak seperti minyak sayur atau minyak zaitun bisa dipakai untuk membantu proses ini. Demikian juga dengan alkohol yang biasa dipakai untuk membersihkan luka.Gunakan bahan-bahan ini dengan menuangkannya sedikit saja kekain pembersih anti gores dan usapkan berulang-ulang perlahan pada permukaan yang diinginkan. Sebagian cairan pembersih rumah tangga bisa dimanfaatkan untuk tugas ini juga, namun sangat penting Anda baca petunjuk masing-masing untuk mengetahui apakah produk tersebut aman digunakan pada cat atau kaca mobil. Cairan apa pun yang Anda pakai, hindari menggosokkan kain pembersih untuk memperkecil kemungkinan cat mobil berubah kusam. Usapan lembut sudah cukup membantu.

Lanjutkan metode-metode di atas dengan pembersih kaca mobil jika permukaan yang dibersihkan adalah jendela mobil atau cuci menurut cara kebiasaan Anda. Panduan perawatan mobil dan kendaraan pada umumnya dapat ditemukan pada banyak situs pakar bersih-bersih.Akhiri langkah-langkah tersebut dengan melapisi cat mobil pada bagian bekas stiker dengan semir mobil andalan Anda untuk mengembalikan dan meratakan kilap permukaannya.
Share this article on :

0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.