Tips HOT Mengurus Kebersihan Rumah Kos Sebagai Pemilik

10 Nov 2014

Mari Berkawand - Waktu yang paling menggembirakan bagi para pemilik rumah kos tak diragukan lagi adalah awal bulan ketika uang masuk dari satu per satu penyewa kamar. Meskipun selalu saja ada satu atau dua penunggak yang membuat sakit kepala, relatif banyak cara untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut.

Rumah kos didirikan tentu dengan tujuan agar bisa menjadi sumber pemasukan jangka panjang. Masalah yang lebih sering dihadapi para pemilik rumah kos dan bersifat lebih mendasar adalah memelihara rumah kos agar tetap memiliki nilai investasi bersaing. Pemeliharaan fisik menjadi bagian paling vital, termasuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang muncul, mengganti perangkat-perangkat yang aus, dan membersihkan rumah kos secara teratur.

Tingkat kesulitan menjaga kondisi rumah kos tergantung pada setiap individu penyewa karena merekalah yang menghuni dan menyebabkan perubahan-perubahan kasatmata di dalam rumah kos. Campur tangan pemilik diperlukan karena bagaimana pun rasa memiliki tidak bisa begitu saja diharapkan dari para penyewa. Perencanaan matang perlu dibuat sejak awal sebelum pintu rumah kos dibuka untuk para calon penyewa. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memelihara dan membersihkan rumah kos.

Menerapkan peraturan dan menegakkannya

Pemilik rumah kos berhak sepenuhnya menetapkan sederet peraturan beserta sanksi terhadap setiap pelanggaran. Tidak ada peraturan yang terlalu keras dalam menjaga properti. Peraturan sekecil “tidak boleh memasang paku pada dinding” tidak lebih sepele dibandingkan larangan merokok, menjemur cucian, atau menyalakan api di dalam rumah. Peraturan dibuat tentu untuk ditegakkan, bukan untuk dilanggar. Tingkat sanksi atau denda harus secara jelas disebutkan dalam perjanjian awal.

Mememercayakan kebersihan kepada pengurus harian

Keberadaan pengurus harian yang setiap hari mengawasi dan bertugas menjaga kebersihan rumah bisa menjadi solusi. Selain membersihkan rumah, kebanyakan pengurus harian juga mencuci dan menyetrika pakaian para penyewa serta merangkap sebagai ‘polisi’ untuk menegakkan peraturan-peraturan rumah kos. Pemilik tentu memerlukan anggaran khusus untuk membayar pengurus harian ini, jadi sumber dananya sudah harus ikut diperhitungkan dalam harga sewa kamar.

Melibatkan anak-anak kos dalam jadwal bersih-bersih

Jika biaya kebersihan tidak termasuk dalam harga sewa kamar, pastikan perjanjian awal menyebutkan bahwa kebersihan rumah kos menjadi tanggung jawab bersama. Dengan begitu, setiap penyewa akan terlibat di dalam jadwal yang disusun pemilik atau disetujui di antara para penyewa. Ini lebih mudah diterapkan pada mahasiswa. Pemilik bisa menunjukkan cara-cara membersihkan rumah di sini sebagai rujukan bagi para penyewa yang baru pertama kali hidup di luar rumah orang tua sehingga tidak terbiasa dengan bersih-bersih sendiri.

Memanfaatkan kekosongan rumah

Di luar cara-cara di atas, pembersihan rumah secara lebih menyeluruh bisa dilakukan pada saat rumah kos sedang kosong atau ketika sebagian besar penghuninya sedang tidak berada di rumah. Masa libur kuliah di mana anak-anak kos pulang ke rumah orang tua masing-masing atau libur hari raya bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada, mengecat ulang, dan menyikat tuntas lumut-lumut di kamar mandi.
Share this article on :

2 comments:

cynthia chaniago said...

situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
nice post....
article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
maju terus sob,,,
kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Mari Berkawand All Rights Reserved.
Template Design Premium | Powered by Blogger.com.